Kamis, 18 Juli 2013

Menjelang Pesantren Ramadhan

Menjelang Pesantren Ramadhan

Minggu depan akan ada pesantren ramadhan di Sekolah Alam Cikeas, banyak kegiatan yang nanti bisa kami ikuti dan lakukan.  Menghafal Al Qur'an.  Berbagi dengan anak yatim, buka puasa bersama, dan ada juga lomba-lomba yang bisa kami ikuti.

Salah satu lomba yang bisa kami ikuti adalah lomba Nasyid, awalnya kami tidak tahu apa itu Nasyid, sebuah kata baru yang masih asing dan belum pernah kami dengar sebelumnya.  Setelah di jelaskan akhirnya kami tahu bawa Nasyid adalah nyanyian islami yaitu lagu yang isinya tentang islam/nasihat-nasihat, kisah nabi atau ajaran islam.

Siapa yang tahu nama-nama bulan dalam setahun ?

Semua dari kami bisa menjawab dan menyebutkan mulai dari bulan Januari hingga Desember. Namun ketika ditanya nama-nama bulan dalam Islam, kami tidak ada yang tahu.  Akhirnya kami diberi tahu nama-nama bulan melalui sebuah lagu yang diperdengarkan.  Lagunya seperti ini.



Bissmillah ir rahman ir rahiim
These are the months in islam
Muharram,
Safar,
Rabi‘u ’l-Awwal,
Rabi‘u ’th-Thani
These are the months of Islam
Jamadu ’l-Ula,
Jamadu ’l-Ukhra,
Rajab and Sha‘ban
Ramadan, Ramadan, Ramadan and

Shawal,
Dhu ’l-Qa’da and
Dhu 'l hijjah
These are the months of Islam

Awalnya kami kesulitan mengikuti lirik dan iramanya, tapi satu persatu dari kami mulai terbiasa dengan lirik dari lagu tersebut.  Semua bernyanyi mengikuti irama dari lagu yang diperdengarkan.  Kemudian kami mencoba bernyanyi tanpa iringan musik.  Suaranya masih pelan dan sesekali melirik ke papan tulis untuk melihat lirik lagu yang sudah ditulis.
Suara kami cukup jelas terdengar di bagian lirik "Ramadan" .

Kami akan menyanyikan lagu tersebut di lomba nasyid itu saat pesantren ramadhan.  Tidak semuanya hanya 7 orang saja yang akan ikut lomba nasyid ini.  Teman yang ikut lomba mencatat lirik lagu nama-nama bulan islam ini agar dirumah bisa mengulang hapalan nyanyiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar