Rabu, 17 Juli 2013

Around

Sekitar Kami

Saatnya keliling sekolah kami, Sekolah Alam Cikeas.

Setelah dua hari kami berkenalan dengan teman-teman kelas, membuat peraturan, membuat kelompok dan mengikrarkan tekad dan janji untuk lebih baik lagi setahun kedepan.  Ternyata di sekolah bukan hanya SD 2 Kaili saja yang berganti nama dan fasilitatornya.  Kelas-kelas lain juga berubah, namanya, siswa dan fasilitatornya.  Maka kini saatnya berkeliling, kami ingin mengenal juga kelas-kelas baru yang ada di sekolah, biar bisa main dan kenal dengan kakak serta adik kelas, juga biar ketika ada tamu yang menanyakan kelas tertentu kami bisa segera menjawab dan menunjukannya.

Yang kami lakukan pertama kali adalah membuat daftar  berupa tabel untuk mencatat nama kelas, nama faslitator, jumlah siswa serta tanda tangan fasilitator tiap kelas.  Kami mengerjakan bersama-sama sesuai kelompok yang kami buat kemarin.  Kami memilih tempat untuk membuat tabel, diatas selembar 'scrap paper' kamipun mulai menarik garis dan memberi judul dari tiap kolom tabel tersebut sesuai yang di contohkan.


Kelompok pertama selesai terlebih dahulu segera keluar kelas, diikuti oleh kelompok-kelompok berikutnya.  Kelas yang kami serbu pertama adalah kelas Kakak SMP atau kelas 7, ada tv besar, sofa dan hal-hal baru lainnya yang tidak ada dikelas kami adalah daya tarik kami untuk mengunjungi kelas 7 itu pertama kali.  Kami mengucap salam terlebih dahulu tentunya ketika akan memasuki ruang kelas tersebut, disana kami di sambut Bu Yuni dan Pak Kholid.

Setelah mengetahui kelas 7 kamipun berpencar, ada yang ke TK A dahulu, ke kelas 4, ada yang ke kelas 6.  Berputar-putar mengitari sekolah, naik-turun tangga di tiap saung.  Ada yang malu-malu dan takut ketemu kakak kelas, ada yang sempat-sempatnya bermain tapak gunung ketika melewati TK B Toraja. Ketika capai , kami istirahat sebentar sambil menghitung-hitung sudah berapa kelas yang sudah kami kunjungi.

Melakukan Pencatatan Hasil Perkenalan di Sekolah Alam





Setelah hampir satu jam kami berkeliling kami kembali ke kelas, ternyata hasil yang didapat tiap kelompok tidak sama.  Ada yang berhasil mengunjungi 6 kelas, ada yang 9 kelas dan yang terbanyak ada 12 kelas.
Lalu kami menceritakan pengalaman kami mengunjungi kelas-kelas baru tersebut.

Senangnya bisa mengenal nama-nama kelas baru dari adik dan kakak kelas, juga kenal dengan fasilitator-fasilitatornya.  Semoga saja kami bisa segera hapal nama-nama kelas, fasilitator serta teman-teman barunya.  Hingga nanti jika kami ditanya, kami bisa menunjukkan arah menuju tiap kelas di Sekolah Alam Cikeas ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar