Jumat, 19 Juli 2013

Friday

Dua Kendi

Hmm sudah hari Jum'at.  Tidak terasa sudah hampir seminggu kami di kelas 2 ini.  Senin besok berarti pesantren Ramadhan Sekolah Alam akan di mulai. Kami sudah tidak sabar untuk segera hari senin, segera mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan terutama lomba-lombanya.

Setelah kemarin persiapan untuk lomba Nasyid, hari ini kami akan persiapan untuk perlombaan "Kisah dari Langit".  Lombanya adalah berupa drama perkelas.  Hanya tinggal hari jum'at ini untuk persiapan, semoga saja sempat.


Persiapan Drama Dua Kendi di Sekolah Alam


Kami akan menampilkan drama berjudul "Dua Kendi", isi ceritanya adalah tentang bersyukur.  Kami mendengarkan cerita dibacakan terlebih dahulu.  Lalu mulailah pembagian peran berdasarkan cerita tersebut. Ada yang harus jadi kendi, ada yang jadi kakek, ada yang jadi narator, ada yang jadi burung, pohon, bunga dan juga ada yang kebagian peran menjadi kupu-kupu.  Semua mendapat peran, dan kami diberitahu bahwa semua peran penting.

Misalnya saja untuk pohon dan bunga, kalau semua mau menjadi pohon dan bunga yang segar maka dramanya tidak bisa berlangsung sesuai cerita, karena dalam cerita ada bunga yang segar dan ada bunga yang layu.  Begitu juga untuk peran-peran lain semuanya penting untuk mendukung drama yang akan kami pentaskan.  Setelah kami bicarakan akhirnya setiap siswa sudah mendapat perannya masing-masing.  Saatnya latihan.

Semua siswa bersiap-siap di tempat yang telah ditentukan.  Latihanpun dimulai.  Narator membacakan naskah drama, tiap-tiap bagian kemudian kami mendapat arahan apa yang harus dilakukan.  Kapan saat bergerak, kapan saat keluar atau masuk panggung, kapan berdialog dan kapan harus diam.  Wah teman-teman masih belum bisa duduk tenang ketika menunggu giliran, malah ribut bercanda sendiri ketika narator membaca cerita.  Masih harus diingatkan berkali-kali untuk mendengarkan narator membaca naskah agar tidak ketinggalan 'adegan'.  Latihan pertama ini masih berupa pengenalan naskah/isi cerita serta penempatan kapan 'adegan-adegan' sesuai cerita harus dilakukan.

Latihan di mulai sekitar jam 10, teman-teman sudah mulai lelah dan lemas, beberapa tidur-tiduran, terutama yang laki-laki, karena tadi pas istirahat malah bermain bola padahal sedang puasa.  Akhirnya latihan hari ini selesai.  Setelah istirahat sebentar, lalu kami membicarakan tentang kostum yang akan digunakan untuk drama.  Kami sepakat akhirnya untuk membuatnya di rumah masing-masing dengan bantuan ayah dan bunda kami masing-masing.  Kami menuliskannya di buku penghubung agar tidak lupa.

Alhamdulillah kegiatan hari ini selesai, tinggal membuat kostum di rumah dan menantikan Senin tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar