Selasa, 23 Juli 2013

Pesantren Ramadhan Hari Ke 2

Pesantren Ramadhan Hari Ke 2

Hari ke 2 Pesantren Ramadhan Sekolah Alam Cikeas, hari ini cuaca jauh lebih cerah dari kemarin secerah wajah-wajah kami menyambut pesantren ramadhan hari ini.  Tidak ada lagi gerimis sehari penuh seperti kemarin.  Maka dengan langkah ceria kamipun beriringan menuju mesjid untuk melakukan shalat Dhuha dan mendengarkan tausiyah.  Hari ini yang menjadi imam dan tausiyah adalah Pak Azwar, beliau adalah guru kelas SD 3.  Tausiyah Pak Azwar berisi tentang keutamaan sholat Dhuha berdasarkan hadis Ath-Thabrani.

"“Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditetapkan termasuk orang-orang yang lengah. Barangsiapa shalat empat rakaat, maka dia tetapkan termasuk orang-orang yang ahli ibadah. Barangsiapa mengerjakan enam rakaat maka akan diberikan kecukupan pada hari itu. Barangsiapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah menetapkannya termasuk orang-orang yang tunduk dan patuh. Dan barangsiapa mengerjakan shalat dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga...."

Ceramah Setelah Dhuha - Sekolah Alam Cikeas


Pak Azwar memotivasi kami untuk menambah rakaat sholat Dhuha nya dan tetap menjalankan yang wajib.  Selesai Tausiyah kami semua segera menunaikan sholat Dhuha, masih dua ra'kaat sih, "semoga besok-besok bisa lebih banyak ra'kaat nya agar bisa dibangunkan rumah di surga" tutup pak Azwar.

Selesai sholat kami kembali ke kelas.  Hari ini acaranya adalah lomba mewarnai Asmaul Husna.  Asmaul Husna adalah 99 nama/ panggilan Allah yang indah dan baik.  Sebelum lomba di mulai kami membaca ulang hafalan surat yang menjadi password kami yaitu Surat Al- Kafirun.  Kali ini tidak hanya menghafal tapi setiap kelompok, tiap dari kami harus menuliskan terlebih dahulu satu ayat surat al Kafirun tersebut untuk bisa mengikuti lomba mewarnai.

Aneka Loma Pesantren Ramadhan - Sekolah Alam Cikeas

Kelompok yang selesai lebih dahulu bisa memulai lomba, kertas berisi tulisan asmaul husna diberikan.  Krayon, pensil warna dan marker telah siap di meja kelompok masing-masing.  Kami mulai berkreasi dengan warna dan gradasi.  Kelompok-kelompok lain pun menyusul untuk mulai mewarnai.  Gambar dengan warna terbaik dari tiap kelas nanti akan di nilai oleh fasilitator yang bertindak sebagai juri untuk menentukan pemenangnya.

Menjelang jam 10 semuanya telah selesai mewarnai, kami bisa istirahat sesaat dengan bermain di luar kelas.
Ada yang bermain di playground, ada yang di lapangan (bermain bola) dan juga ada yang di aera outbound.

Jam 10:30 kami di panggil masuk kembali untuk latihan terakhir nasyid dan drama yang akan kami pentaskan besok.  Kami juga mengecek kesiapan kostum yang akan kami gunakan besok.
Alhamdulillah hari kedua ini selesai. Kami sudah tidak sabar menanti esok tiba.  Alhamdulillah juga kami sebagian besar masih Puasa hari ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar